Sabtu, 17 November 2012

Lingkar Badai part 2

hai haii... jum'at kemarin gw kembali ngiterin transjakarta alias linbad. pertama gw pergi ke halte smk 57 dan naik arah dukuh atas 2 turunnya di halte kuningan timur. kemudian gw transit ke halte kuningan barat dan langsung naik arah PGC dan turun di UKI.. kemudian gw naik arah kampung melayu dan turun dikampung melayu. lalu gw naik bus gandeng arah walikota jakarta timur dan turun di halte walikota jakarta timur.. kemduian gw naik poros pulogebang dan berkeliling sebentar di terminal sentra timur pulogebang. sebelom bus gw berangkat gw sempet semeptin foto di dalam busway. dan balik lagi kearah penggilingan dengan penumpang seorang diri.. sampe di penggilingan gw langsung naik arah kampung melayu dan turun di fly over jatinegara dan transit kearah PGC.. sesampainya UKI, gw langsung naik arah kuningan dan turun di kuningan barat dan langsung transit di kuningan timur dan langsung naik kearah ragunan... gw sampe rumah dengan selamat... sekian blog gw inii ;)

Selasa, 13 November 2012

lingkar badai

hai hai transjakarta mania... beberapa hari yang lalu gw melaksanakan lingkar badai.. lingkarbadai adalah istilah untuk berkeliling transjakarta seharian.. dimulai dari rumah, gw berangkat jam 11:10 dan nyampe di terminal lebak bulus jam 11:51 dan langsung menaiki busway kearah grogol. bus yang gw tumpangi berangkat jam 11:55. diperjalanan bus berjalan dengan baik tanpa hambatan apapun. dan gw nyampe grogol jam 12:56 dan langsung transit ke halte grogol 2 dan naik kerah PGC jam 1:01. gw akhirnya merasakan bus TMB gandeng yang baru. karena bus baru, udara di bus itu dingin sekali dan keadaan bus itu kosong belompong. gw nyampe di halte BKN jam 13:42 dan langsung antri arah kuningan dan dapet bus 17 menit kemudian dengan keadaan bus penuh sampai desak desakan. dan gw nyampe kuningan jam 14:14 dan langsung antri arah ragunan. gw nyampedi halte departemenpertanian jam 14:29 dan langsung pulang. nyampe rumah jam 16:02 dengan selamat....... sekian perjalanan gue

Sabtu, 10 November 2012

prediksi koridor 12

hai para penggemar bus transjakarta... beberapa bulan kedepan busway transjakarta punya koridor baru loh... yap bener ini memang sudah ditunggu banyak pengguna moda transportasi tersebut sekitar kemayoran yang selama ini kalo mau naik busway harus ke daerah gunung sahari dulu. nah kata beberapa pengurus transjakarta koridor 12 akan beroperasi di akhir tahun 2012 dan akan menjadi primadona warga kemayoran, dan sunter yang menunggu transjakarta tersebut melewati daerah mereka... waktu itu gw nanya sama humas transjakarta bilang pembangunan koridor tersebut udah sekitar 60% tinggal beresin halte sama pengadaan bus... menurut dia daerah situ belom bisa dikasih bus articulated karena (katanya) daerah nya sempit. makanya sebagai pembuka, akan di BKO-kan beberapa bus transjakarta dari operator BMP atau TMB. namun setelah pengadaan bus sudah selesai bisa jadi DMR megang kor 12... baiklah sekian dulu artikel gw.. semoga nantinya busway koridor 12 bisa beroperasi maksimal

Jumat, 09 November 2012

transjakarta feeder beroperasi kembali

Warga Jakarta hari ini bisa menikmati layanan feeder bus transjakarta hanya dengan membayar Rp 3.500. Sesuai dengan keputusan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kebijakan ini diambil untuk menarik minat penumpang feeder Transjakarta.

Kendati demikian, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan bahwa penurunan ini tidak akan mengurangi kenyamanan pengguna feeder. Ia mengakui bahwa kebijakan ini juga untuk menutupi kerugian yang dialami oleh operator feeder bus TransJakarta, yaitu PT Ekasari Lorena karena sepinya peminat feeder. 

"Kalau tidak ada penumpang, jangan langsung nangis. Kita akan bantu usaha untuk narik penumpang dengan penurunan tarif, nambah trayek. Mudah-mudahan jumlah penumpang bisa naik,"katanya di Balaikota DKI, Rabu (7/11).

Pristono memaparkan pihaknya juga akan memperpanjang rute feeder koridor dua yaitu Balaikota-Tanahabang hingga Jalan Kramat. Rincian rutenya yaitu  mulai dari Balaikota-Tugutani-Cikini-Radensaleh-Kramat dan kembali ke Balaikota langsung ke Tanahabang.

Saat ini hanya ada dua rute feeder transjakarta yang masih beroperasi. Rute pertama dimulai dari Sentra Primer Barat-Daan Mogot yang dilayani oleh enam bus. Rute tersebut tersambung dengan transjakarta koridor III (Kalideres-Harmoni) dan transjakarta koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni).

Kemudian rute kedua (Tanah Abang-Balaikota) dengan jumlah empat bus, tersambung dengan transjakarta koridor I (Blok M- Kota) dan transjakarta koridor II (Pulogadung-Harmoni).

Sedangkan untuk rute ketiga (SCBD-Senayan) dengan lima armada dan terintegrasi dengan Transjakarta Koridor I (Blok M-Kota) dan IX (Pinang Ranti-Pluit) hari ini secara resmi sudah ditutup.

Kamis, 08 November 2012

bus transjakarta terbakar

Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta M. Akbar mengakui bus Transjakarta sering terbakar karena banyak yang seharusnya sudah diganti. "Sudah banyak yang harus diganti karena telah berumur lebih dari lima tahun," ujarnya saat dihubungi, Rabu, 7 November 2012.

Ia memberi contoh, bus Transjakarta koridor I (Blok M-Kota) sebagai armada yang perlu segera diganti. "Karena sudah beroperasi sejak 2004," ujarnya. Berdasarkan data yang diperoleh Tempo, pada tahun ini saja, sudah tiga bus koridor I hangus terbakar.

Penyebab kebakaran itu disebutnya terjadi karena ada masalah di sistem perkabelan yang telah uzur. "Sehingga terjadi korsleting," ujarnya. Ini menepis spekulasi bahwa Transjakarta bak bom waktu, bisa meledak kapan saja karena berbahan bakar gas.

"Bukan, hal ini juga bisa terjadi di bus bermesin diesel," ujarnya. Ia mengatakan, kebakaran-kebakaran yang terjadi tak berhubungan dengan sistem pembakaran moda transportasi massal itu.

Dalam insiden kebakaran terakhir di Semanggi, bus Transjakarta yang terbakar bukan berasal dari tabung gas. "Mesinnya diesel," ujarnya. Namun, hingga saat ini, ia belum berani menduga apa penyebab kebakaran tersebut. "Tunggu hasil penyelidikan saja," ujarnya

Selasa, 06 November 2012

Terminal Pulogebang Sepi Penumpang

Kondisi Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, masih sepi peminat. Meski sejak 23 Juni 2012 sudah melayani Bus Transjakarta, dan tiga angkutan kota (angkot), namun hingga kemarin, aktivitas naik turunnya penumpang di sana nyaris tak terlihat.
Salah seorang petugas penjualan karcis Bus Transjakarta, Sera, mengungkapkan, sepinya aktivitas penumpang di terminal tersebut terjadi hampir setiap hari. Bahkan, sepinya penumpang tidak hanya dialami oleh Bus TransJakarta saja, tetapi juga dialami oleh tiga angkot yang sudah beroperasi ke dalam terminal.
“Hari ini saja sejak jam 06:00 pagi hingga sore, hanya satu karcis yang terjual. Tapi ya memang di sini setiap harinya begini, masih sepi,” ujar Sera, kemarin.
Kepala Suku Dinas Perhubungan Jaktim, Mirza Aryadi Soelarso, mengatakan upaya sosialisasi terkait sudah beroperasinya Terminal Pulogebang terus dilakukan pihaknya. Namun, menurutnya, sepinya aktivitas penumpang di terminal itu terjadi lantaran memang belum banyak pula angkot yang beroperasi ke dalam terminal.
“Nanti kalau terminal itu sudah beroperasi penuh, semua angkot yang trayeknya bersinggungan dengan terminal akan dioperasikan pula sepenuhnya,” kata Mirza.
Menurut Mirza, ketiga angkot yang masuk saat ini baru berfungsi sebagai pendukung Bus TransJakarta Koridor XI (jurusan Kampung Melayu-Pulogebang). Ketiga angkot tersebut yakni, KWK T 22 (Pulogadung-Gudang Palad), T 25 (Stasiun Cakung-Rawa Mangun) dan T 29 (Pulogadung- Ujung Krawang). “Selain sebagai pendukung Bus TransJakarta, ketiga angkot ini kan juga bisa dijadikan sebagai sarana sosialisasi,” lanjutnya.
Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Terminal Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Reny DA, mengatakan sepinya penumpang terjadi karena pembangunan terminal termegah se-Asia Tenggara itu belum rampung 100 persen. Sehingga, operasional di dalam terminal pun masih belum optimal.
“Saat ini kami juga masih melakukan sosialisasi dengan menempelkan spanduk-spanduk yang menjelaskan telah beroperasinya Terminal Pulogebang. Selain itu, kami juga berkoordinasi bersama pemilik angkutan umum untuk menyampaikan kepada penumpang bahwa Terminal Pulogebang telah beroperasi,” paparnya.
Lebih lanjut Reny berharap, para sopir angkot yang sudah beroperasi di Terminal Pulogebang dapat bersabar dan konsisten keluar masuk terminal sekalipun masih sepi penumpang. Ditargetkan, pembangunan terminal akan rampung pada bulan Oktober mendatang.
“Kami harap sopir dapat bersabar. Nanti kalau terminal sudah rampung dan beroperasi kembali mereka juga merasakan dampaknya yang lebih baik,” ucap Reny. (yulian)
Teks : Bus Transjakarta dan angkot KWK T 25 menunggu penumpang di dalam Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. (yulian)