Sabtu, 12 Oktober 2013

Ulasan transjakarta Koridor 12.

Pagi, kali ini saya akan membahas tentang Bus transjakarta Koridor 12.

Bus Transjakarta koridor 12 melayani rute Pluit - Tanjung Priok yang diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta Bpk. Jokowidodo pada tanggal 14 februari 2013 atau tepatnya pada hari valentine. banyak orang yang mengatakan bahwa bus transjakarta koridor 12 itu adalah hadiah valentine yang diberikan oleh Bpk. Jokowi..

SKIP

Bus Transjakarta koridor 12 menggunakan bus Inobus yang dibuat oleh PT Inka dan dikaroserikan oleh Laksana dan Trisakti + Bus Ankai China yang dikaroserikan oleh New Armada.

Oke saya sebenarnya sudah pernah mencoba bus koridor 12 sejak April 2013 namun sekarang baru saya tulis ulasannya.. Bus yang saya naiki waktu itu adalah BMP 064 (inobus) berangkat dari pluit sekitar pukul 11:12 dan langsung menuju ke jalan Pluit Putra/Putri, setelah itu bus berbelok ke jalan pluit selatan, di jalan pluit selatan terdapat satu halte yang namanya agak dipaksakan? yaitu LANDMARK PLUIT AUTO PLAZA. Daripada kepanjangan dan ribet jadi disingkat PLUIT LANDMARK he he he. setelah PLUIT LANDMARK bus lurus terus melewati jalan pluit selatan, namun sayangnya jalan pluit selatan menjelang halte PAKIN jalur jadi mengecil. untung saja para pramudi sudah bisa membawa medan sekecil itu, akhir nya bus berbelok kanan masuk jalan gedong panjang dan berhenti di halte PAKIN. setelah itu bus kembali menyusuri jalan Gedong Panjang dan kemudian berhenti di halte GEDONG PANJANG. setelah halte gedong panjang bus belok kiri memasuki jalan Kopi. nah disini bus harus extra hati hati karena jalur yang sangat kecil dan 2 arah. setelah jalan kopi bus masuk ke jalan Tiang Bendera. nah disini lebih ekstrim lagi karena dari jalur yang sangat kecil tambah masuk lagi ke jalur yang lebih kecil. oke setelah masuk tiang bendera bus melewati jalan Roa Malaka.

Di jalan kali besar barat bus belok kiri dan berhenti di halte MUSEUM FATAHILLAH. halte museum fatahillah yang menggunakan arsitektur jaman belanda mengingatkan kita akan daerah kota tua yang nyaman. bus kemudian masuk jalan Kemukus memutari kompleks museum fatahillah dan masuk jalan Lada dan berhenti di halte STASIUN KOTA

SKIP

Sampai akhirnya bus masuk jalan Danau Sunter Utara jam 13:02 dan berhenti di SUNTER SMP 140 dan dilanjuti SUNTER KARYA sehabis itu bus memasuki jalan Sunter selatan dan Mitra sunter bulevard kemudian masuk halte SUNTER BULEVARD BARAT. karena bus hanya sampai Sunter akhirnya saya Turun di SUNTER KELAPA GADING dan kembali ke rumah melewati jalur Tj. Priok - PGC

sekian perjalanan saya.

JET.. Dibuang tapi berguna..

Oke sebelum saya masuk ke point dari judul diatas, ada yang mesti saya jelaskan terlebih dahulu, yaitu tentang keberadaan operator bus transjakarta berkode JET atau yang biasa kita sebut Jakarta Ekspress Trans, yang digunakan dibus Hino RK dan Mercedez benz yang sekarang sudah tidak beroperasi dikarenakan (di)bangkrutkan oleh pihak UPTJ.

 Oke langsung ke point.
Tadi siang tepatnya hari ini tanggal 12 oktober pas saya sedang melakukan pengerjaan tugas sejarah yang harus menggunakan bus transjakarta.. iseng iseng saya nanya ke petugas pintu transjakarta DA**I 5052 a.k.a Zhongtong. beliau mengatakan sebenarnya JET itu adalah operator yang sangat berguna karena disaat banjir yang melanda jakarta akhir tahun lalu, JET masih bisa menerjang banjir di sekitaran Bundaran HI sementara zhongtong sudah "mandek" di Harmoni dan Turunan sebelum halte Tosari ICBC, kemudian petugas onboard itu juga berkata, kalau seandainya JET tidak terhenti, rute poros Cililitan - Ancol/HCB bisa menggunakan bus JET dan tidak harus menggunakan PP. Kalo menurut saya itupun sangat setuju kenapa JET itu harus stop operasi dan terbengkalai di pool Pinang Ranti..

akhir dari tulisan ini adalah harapan kami dan para pengguna transjakarta ialah, kembalikanlah JET ke jalur Transjakarta dan bisa membantu rute rute yang armadanya kurang dan selalu penuh..


sekian tulisan saya ini..